fbpx

Wisata Jogja Terbaru – Seribu Batu Songgo Langit

  • Lokasi: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
  • Google Map: Klik!
  • Tiket: 2.500 s/d 20.000
  • Jam Operasional: 06:00 s/d 17:00 

Spesialisasi Seribu Batu Songgo Langit

Karakteristik tempat wisata jogja seribu batu songgo langit ini mirip seperti Hutan Pinus Mangunan yang telah eksis sebelumnya. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, tempat wisata yang satu ini memiliki arti “Seribu Batu yang Menopang Langit.”

Yap, sesuai dengan namanya, di tempat ini terdapat ribuan batu yang sangat indah dan bisa kamu jadikan sebagai spot selfie paling favorit. Tapi, jika sudah berada di Seribu Batu Songgo Langit nanti, jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan sekitar dan dilarang membuat sampah apapun disana ya. 

Green Village Gedangsari

Sumber Gambar:

alodiatour.com

Sekilas Tentang Seribu Batu Songgo Langit

Masih berada di kawasan Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Bantul. Tempat ini telah menjadi salah satu wisata kekinian yang selalu ramai diburu oleh para pelancong yang gemar berselfie dan berfoto ria bersama sahabat maupun keluarga tercinta.

Kalau pada tahun 2016 yang lalu, Yogyakarta sudah memperkenalkan wisata barunya Hutan Pinus Mangunan Dlingo, kali ini datang lagi dengan tema yang berbeda.Wisata Seribu Batu Songgo Langit yang merupakan salah satu wisata yang berada di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, kawasan wisata ini memang benar-benar disajikan untuk para pelancong yang bewisata ke Jogja. 

Spot foto di Seribu Batu hampir semuanya anti mainstream. Anda akan menemui beberapa spot foto dalam empat bagian di tempat wisata ini. Memasuki gerbang Seribu Batu Songgo Langit anda diharuskan untuk menuruni tangga yang terbuat dari kayu untuk mencapai spot pertama. Spot pertama ini menawarkan rumah dongeng seribu kayu. Spot ini berbentuk rumah kecil-kecil yang menyerupai rumah kurcaci dalam dongeng. Terdapat tujuh buah rumah kurcaci yang ditata secara mengerucut sehingga akan menciptakan angle foto yang bagus.

Setelah puas berfoto di rumah seribu kayu, anda dapat duduk santai di panggung yang terbuat dari kayu pohon pinus. Selain duduk santai, anda juga dapat berfoto dan menikmati udara segar khas hutan pinus. Setelah beristirahat sejenak, anda dapat melanjutkan ke spot berikutnya yaitu rumah Hobbit. Spot ini yang paling ditunggu-tunggu oleh pengunjung Seribu Batu Songgo Langit. Rumah Hobbit disini hanya berjumlah satu buah saja, namun memiliki bentuk yang unik sehingga sangat menarik untuk berfoto disana. Bersiaplah menghadapi antrian yang cukup banyak jika anda ingin berfoto di rumah Hobbit yang sangat hits ini. Setelah puas berfoto di depan rumah Hobbit, anda dapat melanjutkan ke spot selanjutnya.

Spot selanjutnya merupakan spot puncak dari tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit, yaitu Bukit Songgo Langit itu sendiri. Berjarak sekitar 800 meter atau hampir 1 kilometer dari rumah Hobbit, anda diharapkan menyiapkan stamina untuk melibas track menuju Songgo Langit. Dalam perjalanan menuju Bukit Songgo Langit, anda akan menikmati hamparan ratusan pohon pinus yang tinggi. Di beberapa titik dalam perjalanan juga telah disiapkan papan petunjuk menuju Bukit Songgo Langit dan beberapa tempat untuk beristirahat. Saat menuju Bukit Songgo Langit, diharapkan anda membawa air mineral atau makanan ringan dan jangan lupa untuk membuang sampah pada tempat yang disediakan demi terjaganya kawasan Seribu Batu Songgo Langit ini. 

Rute Seribu Batu Songgo Langit

Jika kamu memulai perjalanan dari Yogyakarta, tentunya kamu harus melewati Ringroad Selatan terlebih dahulu. Jika sudah sampai di perempatan terminal Giwangan, kamu harus tetap melanjutkan perjalanan menuju Imogiri Timur, lalu diteruskan sampai bertemu dengan pertigaan Pasar Imogiri.

Kalau kamu sudah sampai pertigaan Pasar Imogiri, kamu masih harus meneruskan perjalanan menuju ke Desa Mangunan, mungkin nantinya kamu akan melalui jalan yang agak lumayan menanjak dan berbelok-belok, tapi kamu harus tetap berhati-hati ya.

Tak jauh dari lokasi Desa Mangunan, kamu akan bertemu dengan Restoran Bumi Langit, yang akan membawa kamu menuju Watu Goyang dan tak lama lagi kamu akan sampai pada tujuan kamu, Wisata Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta. 


Waktu Terbaik Mengunjungi Seribu Batu Songgo Langit


Waktu terbaik untuk mengunjungi Seribu Batu Songgo Langit adalah saat pagi atau sore hari. Pada kedua waktu ini anda tidak akan menemui terik matahari yang panas. Berkunjung di pagi hari juga akan meningkatkan semangat dalam mendaki bukit Songgo Langit, karena stamina masih cukup kuat. Selain memperhatikan waktu berkunjung, anda juga diharapkan menyiapkan stamina yang cukup dan membawa air minum. Namun, bila anda tak sempat membawa air minum, anda juga dapat membeli di komplek Seribu Batu Songgo Langit, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau. Bila anda berkunjung bersama keluarga terutama anak kecil dan orang lanjut usia, diharapkan untuk tidak terburu-buru saat melakukan trekking. Hal ini dikarenakan medan yang cukup menanjak dan jarak yang tidak dekat.


Paket Wisata Jogja

Buka Setiap Hari

08:00 – 20:00

Email:

amana.jogja@gmail.com

wisata jogja / sewa mobil jogja