fbpx

Pantai Baron Sebagai Simbol Keindahan Gunung Kidul

  • Lokasi Pantai Baron: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.
  • Google Map: Klik!
  • Tiket: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam

Spesialisasi Pantai Baron

Keunikan Pantai Baron adalah adanya sunga bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai bawah tanah tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk sebuah sungai. Uniknya sungai bawah tanah yang ada di Pantai Baron adalah rasa airnya yang tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut. Pengunjung yang tidak berani bermain dan berenang di laut dapat bermain air dan berenang dialiran sungai bawah tanah tersebut. Pemandangan lain yang ada di Pantai Baron adalah sebuah bukit yang berada di sekitar pantai. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit tersebut.

Pantai baron

Sekilas Tentang Pantai Baron

Pasir di Baron beach memiliki karakteristik pasir coklat kehitaman sangat mirip pasir yang ada di pantai Parangtritis, ombak pantai pun tergolong cukup besar meskipun seperti teluk. Pantai Gunungkidul ini memiliki keunikan bila dibandingkan dengan pantai di Gunungkidul lainnya, sebab ditempat wisata tersebut pengunjung mendapati dua jenis air yakni air asin dan air tawar yang bersumber dari sungai di pantai baron.

Asal mula nama Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron. Jalan menuju objek wisata Pantai Baron cukup baik untuk dilalui kendaraan pribadi, sepeda motor dan bus.

Untuk akses masuk ke lokasi ini sangat terjangkau, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000,-/orang saja. Dengan membayar tiket tersebut, pengunjung bukan hanya dapat menikmati Pantai saja, namun juga dapat menjelajah ke tiga pantai lainnya yang masih dalam satu kawasan seperti Pantai Kukup, Pantai Sundak, dan Pantai Krakal.

Apabila pengunjung membawa kendaraan pribadi, dikenakan tarif Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat dan Rp 2.000,- untuk kendaraan roda dua.

Rute Green Menuju Pantai Baron

Jika Anda berasal dari Yogyakarta, ada beberapa alternatif rute perjalanan menuju ke Pantai Indah ini. Berikut rute yang dapat dilewati:

Melalui Piyungan, Jogja

Patuk-Sambipitu-Hutan Bunder-Bundaran Tugu BPD, Jl.Lingkar Selatan-Jl. Girisubo-Wonosari- Jl. Saptosari-Tepus-Baron

Melalui Imogiri, Jogja

Panggang-Jl.Saptosari-Tepus-Ikuti arah ke Pantai BaronSedangkan jika Anda berasal dari luar Yogyakarta, Anda dapat menuju ke arah Terminal Giwangan. Dari perempatan ambil ke arah Selatan menuju Jl.Imogiri. Dari situ akan mendapatkan banyak petunjuk jalan untuk menuju ke daerah Gunungkidul dimana Pantai ini berada.


Berbagai Objek Wisata di Pantai Baron


Seperti pantai lainnya, di Pantai ini tersedia aneka ikan laut beserta olahannya. Ikan yang biasanya dijual di tempat ini adalah udang windu, kakap, bawal putih dan tongkol. Di Pantai ini juga terdapat fasilitas berupa tempat pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, perahu bermesin, dan toko cenderamata. Buah sirkaya, pisang tanduk, sirsak, dan berbagai macam cenderamata yang terbuat dari kerang laut. Cenderamata berbahan kerang yang banyak dijual di sini adalah bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, figura, dan aneka karakter hewan yang juga terbuat dari kerang laut.

Baca Juga: Pantai Timang >>> 


Paket Wisata Jogja

Buka Setiap Hari

08:00 – 20:00

Email:

amana.jogja@gmail.com